Archive for 28 Juni 2011


Cerpen Membukunya Persahbatan di Kirim Oleh Imei Yang

Jakarta, kota yang terkenal dengan polusi dan kemacetannya. Berempat mereka dipertemukan kembali di kota ini. Teman semasa sekolah menengah, bertemu kembali setelah beberapa tahun berpisah karena pada pindah kota.
Kini di jakarta bertemu dengan keadaan sudah dewasa dan tentunya dengan sifat yang sudah berbeda juga. Reynold, Steven, Liliana, dan Sherly.
Steven sudah mempunyai pacar sedangkan sisanya masih jomblo. Namun meski begitu mereka sering jalan bareng. Apalagi ditunjang dengan pacar Steven yang beda kota, membuat persahabatan mereka seakan tak ada celah pengganggu.
“Sher, jadi ga karaokenya?” Tanya Liliana dalam percakapan telepon.
Saat itu masih di hari-hari masa libur hari raya lebaran, Jakarta seakan berubah total. Kota yang biasanya macet penuh suara bising klakson kini lenggang, bahkan di jalan-jalan tertentu mungkin bisa dipakai untuk bermain bola.
“Ya, jadi aja. Btw, ngebet amat sih Lil, baru 2 hari lalu habis dari jalan2 juga. Ga capek apa loe?” Tanya Sherly, “Apa karena kejadian itu tuh.. jadi ada yang berubah nih…” Ledek Sherly.

“Wekz… Ga kok, kejadian apa mang, dasar!!” Elak Liliana.

“Itu tuh, kisah pertolongan dari si hero..di puncak harapan.” Sherly menggoda lagi.

“Nggak.. gak… gak…, ga ada apa-apa” Bantah Liliana.

“Ciee… ciee…” Goda Sherly lagi, “Tapi sayng orangnya udah punya pacar ya .” Sherly menjelaskan.

“Ya, tau kok, orang ga ada apa-apa. ” Jawab Liliana datar. “Jadi kan?”

“Ya, tar kuajak Rey dan Stev… Malam minggu nih. Ciee…. Hahaha…” Ledek Sherly untuk ke sekian kalinya.

* * *

Di tempat karaoke, mereka berempat bernyanyi bergantian. Ketika semua sudah lelah kehabisan nafas, akhirnya mereka mengobrol sambil ngemil.

“Gimana dengan pacarmu Stev?” Liliana memulai pembicaraan sambil mengambil gelas minumannya.

“Ya masih berantem gitu deh. Kemarin kan liat sendiri waktu itu. Parah dah, bingung gua sama kelakuan dia.” Jelas Steven panjang.

“Oh, trus gimana?” Lanjut Liliana.

“Suit… Suit… Yang perhatian gitu loh.” Goda Reynold.

“Ah… Rese….ga bole ya??” Balas Liliana sambil pura2 mukul Reynold dan semua tertawa.

Mereka pun menikmati malam itu dengan riang gembira dan penuh canda tawa sambil bareng berkaraoke :
朋友一生一起走,那些日子不再有
Friends to go with his life, those days are no longer
一句话 一辈子,一生情 一杯酒
Word for life, love life, a glass of wine
朋友不曾孤单过,一声朋友你会懂………
Friends never been alone, I heard friends that you will understand…………

“Eh… Besok ke pantai yuk.” Ajak Liliana saat mereka keluar dari ruang karaoke.

“Hah… Keluar lagi.” Tanya Sherly ga percaya.

“Ya iya lah. Mumpung lagi libur loh. Kapan lagi bisa jalan mulu.” Jawab Liliana.

“Ga capek apa kamu Lil?” Sergah Reynold.

“Ga tuh. Mumpung libur. Jadi mesti dinikmati dengan baik.” Protes Liliana. “Jadi gimana?”

“Gua sih terserah kalian.” Steven angkat bicara.

“Gimana Rey?” Tanya Sherly minta pendapat.

“Ya okelah kalau begitu. Hajar terus… Hahaha…” Jawab Reynold dan semua tertawa.

Mereka akhirnya jadi untuk ke pantai esok.

* * *

“Huahh, segarnya angin di pantai!” Seru Liliana.

Lialiana dan Steven duduk bersebelahan di pesisir pantai . Mereka terlihat seperti sepasang kekasih, hingga Sherly dan Reynold mengambil jarak yang agak jauh dari mereka.

“Liat tuh, seperti pasangn beneran..keliatan mesra tuh” Ucap Sherly pada Reynold.

“Pengen gitu juga ya.” Goda Reynold sambil mengacak rambut Sherly

“Ga usah.. Dasar!!” Tolak Sherly segera diikuti tawa senang Reynold yang merasa berhasil menggoda Sherly.

Memang Steven dan Liliana tampak bagai sepasang kekasih saat itu, berduaan bersenda gurau sambil tertawa riang kadang gak tahu sengaja apa tidak Liliana menyandarkan kepalanya ke bahu steven seakan di pantai itu hanya ada mereka berdua.

Setelah puas duduk bersantai, 4 sekawan yang seakan 2 pasangan sejoli sedang kencan bareng bangun dan berjalan santai di pesisir pantai.

“Lil, dekat kaya gini ga bikin loe jatuh hati ama gua kan?” Tanya Steven pada Liliana yang berdampingan dengannya.

Meski dengan suara pelan. Tapi terdengar juga oleh Sherly dan Reynold. Namun tentu saja mereka berdua ga mau merusak suasana saat itu.

“Hm… Ga lah, Stev. Mau dikemanain pacar loe nanti.” Jawab Liliana ragu, karena dalam hati terdalamnya sebenarnya ada rasa yang berbeda saat bersama Steven.

“Baguslah kalau begitu.” Jawab Steven dengan datar, seperti ada kekecewaan dalam nada suaranya.

Tapi kedua insan itu sebenarnya menyimpan rasa cinta yang tak terucap di hati mereka, karena salah satunya telah terikat status pacaran dengan insan yang lain. Membuat cinta yang tumbuh harus disembunyikan dalam lubuk hati terdalam.

“… coba giliran loe cerita.” Kata Sherly ke Liliana saat mereka sudah kembali duduk bersama di atas hamparan pasir.

Mereka sedang ngobrol membicarakan tentang kisah hidup,kerjaan sampai kisah percintaan yang pernah mereka alami. Liliana pun bercerita panjang lebar . Saat sudah selesai bercerita sahabatnya langsung menimpali.

“Kalau yang sekarang gimana?” Ledek Reynonld sambil ngelirik ke Steven

“Hah?” Jawab Liliana bengong.

“Itu tuh, yang sandar-sandaran tadi.” Sherly menimpali. Steven hanya bisa diam dan senyum mendengar semua itu.

“Ah, rese kalian. Napa.??. u pengen gitu sama Rey ?” Balas dan tantang Liliana sambil tersenyum.

Sherly terdiam seketika, dipandangnya Reynold dan mereka pun beradu pandang. Tiba-tiba Reynold berkata setengah menantang..

“Sherrr… Loe kok gak berani? Jangan-jangan lo ada maksud sama gue ya ???” Kata Reynold dengan maksud mao godain Sherly dan sambil tangannya dikit memaksa kepala sherly buat disandarin ke bahu nya.

Sontak mereka pun tertawa bersama dan Sherly yang merasa dikerjain memukul tangan si Reynold .

* * *

Liburan sudah berakhir namun persahabatan mereka tetap berjalan. Mereka masih sering menghabiskan waktu bersama sekedar buat curhat dan saling membantu dikala salah satu memerlukan bantuan. Kadang barengan kerja sosial atau ke panti jompo…kadang mengabiskan waktu pagi buat jogging berempat di sela kesibukan masing-masing.

Steven dan Liliana suka cerita berdua lewat telpon disaat2 santai di rmhnya, kadang keluar berduaan itu didukung tempat tinggal mereka yang dekat. Dunia mereka berjalan dengan indahnya.

Pernah suatu kali sodara Liliana merid dan Liliana harus mengwakili ortu nya yang gak bisa hadir dalam pernikahan tersebut.Awalnya dia minta Sherly buat temanin karna tempatnya jauh tapi karna Sherly ada urusan kantornya jadinya ga bisa.Akhirnya Liliana minta Steven temani.

“Haii Lili..makin cakep aj..trus..yg disamping ini pacarmu ya??” Sapa sodara Liliana dengan senyuman sambil melirik Steven

“Bukan..bukan cuman teman saja..abis jauh jadi minta diantarin teman gue” jawab Liliana menjelasinn takut salah paham

“Gimana tuh..jangan-jangan sodara loe salah paham tuhh ” Tanya Steven setelah sodara Liliana menjauh.

“Gapapa, kan loe dah gua anggap sahabat baik.” Jawab Liliana santai.

Dan hubungan mereka pun berlanjut semakin dalam meski belum mengungkapkan perasaan mereka sesungguhnya.. Steven yang merasa tidak cocok dengan pacarnya pun memutuskan hubungan diantara mereka. Bukankah cinta itu memilih yang terbaik untuk menjadi pendamping hidup kita nanti? Begitu pikir Steven. Hubungan yang terus menerus hanya bertengkar dan bertengkar membuat Steven jemu, dan putus adalah jalan keluarnya.

Namun masalah tidak selesai di situ. Pacar Steven ternyata gak mao putus . Ia meminta berbaikan meski dgn agak memaksa supaya steven kembali padanya. Bahkan ortu pacarnya juga membujuk Steven agar mereka rujuk kembali.

Pohon cinta yang direncanakan tumbuh bersemi dan berbuah pun layu dan mati kembali sebelum menumbuhkan tunasnya. Akar-akarnya yang telah tertanam harus dicabut paksa. Begitu menyakitkan harus membunuh cinta yang telah tumbuh.

Steven pun kembali berbaikan dengan pacarnya berharap bisa belajar mencintai pacarnya mulai dari awal lagi. Perlahan Steven mulai membatasi hubungannya dengan Liliana. Sakit… Ya memang, tapi itu harus dilakukan agar mereka tidak semakin hanyut dalam rasa.

Liliana pun sedih menyadari antara mereka sudah dibatasi jarak yg semakin jauh..Perasaan itu membuat hati nya merasakan pedih yang susah diungkapkan. Kesedihan hatinya dicurahkan pada Sherly sahabat setianya ketika di kamar Sherly. Mendengar cerita Liliana membuat Sherly turut bersedih.

“Sher, minggu depan gua pulang singkawang…” Kata Liliana setelah hening saat ceritanya usai.

“Hah?? Kenapa?” Sherly kaget.

“Gua pindah kerja di sana.”

“Mengapa? Pasti bukan itu alasan utamanya. Ya kan Lil.” Tanya Sherly ga percaya.

“Mmm…” Liliana terdiam.

“Loe hanya pengen menjauh aja kan? Kan bisa loe jarang ketemu, jarang kontak.”

“Tapi…”

“Kan loe bisa menghindar agar ga ketemu dengannya.” Potong Sherly lagi.

“Sepertinya tekad gua sudah bulat. Dan paling tidak gua balik ke kampung halaman, bukan ke kota yang tidak gua kenal.” Sergah Liliana lirih.

Sherly pun hanya bisa terpaksa setuju, memberi dukungan moril ke sahabat baiknya meskipun hatinya ga merelakan kepergian Liliana.

* * *

Sehari sebelum keberangkatan Liliana, mereka berempat menghabiskan malam bersama untuk perpisahan. Malam yang dingin, sedingin hati dua insan yang dipaksa membeku. Mereka berkumpul di pantai, namun suasana tak lagi riang seperti biasanya. Api unggun di hadapan mereka tak mampu mencairkan suasana yang beku itu.

“Jadi besok siapa yang mengantarmu ke bandara?” Tanya Reynold

“Taxi.” Jawab Liliana singkat.

“Eh… Ga usah Lil. Biar gua yang anterin.” Steven menawarkan diri.

Biasanya di situasi seperti ini, teman yang lain akan segera menggoda dan mengejek pasangan itu. Namun sekarang yang ada hanya keheningan dengan suara gemericik ombak dan kayu yang terbakar api.

“Gimana Lil?” Tanya Steven ketika hanya diam yang didapat.

“Ah… Ga usah. Ga usah repot-repot.” Jawab Liliana seperti baru terbangun dari lamunannya.

“Gapapa Lil, ga ngerepotin gua kok.” Steven bersikukuh.

“Ya Lil, biar Steven yang anterin aja. Lagipula lebih aman dan… lebih hemat tentunya.” Sherly mencoba bercanda.

“Mmm… Ya baik deh.” Akhirnya Liliana setuju.

“Jam berapa Lil?” Tanya Steven.

“Setengah 8 pagi.”

“Kok pagi amat?”

“Nah bisa ga? Tar ga bisa bangun lagi.” Kata Liliana meragukan Steven.

“Haha… Bisa dong. Tenang aja. Steven gitu loh.” Jawab Steven membanggakan diri.

…Dan pertemuan malam itu pun berakhir dengan gerimis. Seolah langit mengetahui perasaan mereka disaat melewati sebuah cafe terdenger nyanyian…….
朋友别哭..我一直在你心灵最深处
Friends Do not cry .. I’ve been in the depths of your heart
朋友别哭..我陪你就不孤独
Friends Do not cry .. I am not alone with you人海中 得有几个真正的朋友
Crowd had a few real friends
这份情 请你不要不在乎……
Please do not do not care about this situation ……

Mereka pun pulang membawa kegundahan hati masing-masing. Sahabat yang selalu bersama dalam suka maupun duka sekarang harus berpisah. cinta memang rumit, bisa membuat segala sesuatu berubah .

* * * *
Jam 5 pagi Steven dah bangun untuk mempersiapkan diri. Pukul 05:40 Steven tiba di rumah Liliana. Di dalam perjalanan menuju bandara, mereka berdua membisu, diam seribu bahasa… Hanya terdenger lagu “The most familiar stranger(最熟悉的陌生人)” yg dibawakan Elva xiao seolah menyindir keheningan mereka.

Sebenarnya banyak yang ingin disampaikan. Tapi suara seakan hilang, mulut terkunci rapat, dan suasana hening itu terasa menusuk sukma. Perjalanan tidak terkendala kemacetan karena hari yang masih pagi. Dan mereka pun sampai di bandara pukul 06:15.

Sesampai di bandara hp Liliana berdering..diseberang sana Sherly mengucapkan selamat jalan kepada Liliana dan kemudian telpon dari Reynold pun menyusul.Kedua teman baiknya memintanya untuk sering contact dan sering balik kalo ada waktu serta untuk menjaga dirinya.Liliana hanya bisa menyiakan saja..Meski dalam atinya menolak untuk kembali ke kota yang penuh kenangan bersama Steven dalam waktu dekat.

Suasana ramai hiruk pikuk penuh manusia yang mondar mandir tapi dua insan itu hanya duduk diam. Seolah-olah sedang menunggu salah satu diantara mereka untuk membuka suara.

“Hm… Lil… Loe di sana berapa lama? Maksud gua kapan balik ke sini lagi.” Steven membuka pembicaraan.

” paling kalau ada libur saja baru balik.” Liliana menjawab.

“Sering-seringlah.”

“Mana mungkin. Memangnya gua kerja dikasih cuti mulu.”

“Ya sih…”

Mereka kembali terdiam.

“Lil…”

“Ya.”

“Loe masih marah ama gue?” Tanya Steven lirih.

“Ga…kita kan teman baik” Jawab Liliana mengingkari keadaan hatinya.

“Bagus lah…”

Hening lagi.

“Lil…”

“Ya… Ada apa ? Udah mau check in nih. Loe pulang aja ” Jawab Liliana panjang dan pengen menghindar dari Steven.

Sebenarnya ia hanya ingin segera meninggalkan semua ini, melupakan perasaan cinta sama sahabat yang berada di sampingnya saat ini. yang selama ini cinta nya Liliana pendam karna ga pengen mengorbankan persahabatan mereka berhubungan Steven masih mengikat cinta dengan insan yang lain.

“Belum Lil… Ntar lagi.” Jawab Steven. “Hm… Loe tau Lil, gua sayang ama loe……..”

Kalimat itu bagai pisau bermata dua, melukai sekaligus membuat hati Liliana senang.

“Ya sebagai sahabat..gue juga ” Jawab Liliana mengkhianati kata hatinya.

“Cuman itu ya ….” Kata Steven pelan dan penuh kekecewaan, atinya pedih karna jawaban Liliana.

Ada kesedihan mendalam yang terasa pada hati mereka berdua..kata cinta yang ga bisa diungkapkan diantara mereka,membuat ati mereka terasa begitu sakit.

“Ya.” Kata Liliana sambil bangkit dari kursinya. “Gua mau pergi check in. Loe bisa pulang sekarang. Makasih sudah mau mengantar.” Lanjutnya sambil mengangkuti barang bawaannya.

Ada tangis tertahan di matanya, yang tak ingin terserak keluar. Maka ia pun buru-buru berjalan.Pengen secepatnya mengakhiri semua ini.

“Tunggu Lil!!” Panggil Steven sambil mengejarnya.

Tapi Liliana tetap melanjutkan gerak kakinya. Sampai Steven menggenggam tangannya dan memaksanya berhenti.
Tiba-tiba Steven julurkan tangannya ke arah pundak Liliana, membuatnya kaget dan mundur selangkah.

“Kalung??” Potong Liliana setelah melihat jelas benda yang dipegang Steven.

“Ya.. Untuk Lil.” Jawab Steven sambil ingin memasangkannya di leher Liliana.

“Tidak.. Tidak… Ga usah Stev. Maksudnya apa coba…” Tolak Liliana cepat.

“Lil… Hadiah ultahmu.” Kata Steven menjelaskan.

“Hah??” Tanya Liliana bingung.

“Ya… Ultah Lil kan sebulanan lagi, karena mungkin kita ga akan ketemu lagi dalam waktu dekat jadi sekarang aja gua kasih kadonya.Soalnya kalo bukan sekarang kapan lagi..” Jelas Steven yang membuat ati mereka berdua terasa sakit.

“Tapi ini berlebihan.”

“Ya, dan cuma ini satu-satunya yang terpikirkan oleh gua. Terimalah Lil, please…” Steven memohon.

Liliana menolak berkali-kali, dan dipaksa untuk menerimanya berkali-kali juga. Akhirnya dengan terpaksa Liliana menerimanya. Steven mengalungkan kalung itu di leher Liliana.

“Lil, gua tetap sayng padamu…..” Bisiknya sambil mengancingkan kalung itu. Dan Liliana hanya terdiam saja.

“Dan gua susah membunuh rasa ini. …” Lanjut Steven lagi setelah kalungnya terkancing.

“Maaf Stev, gua… gua….harus masuk….” Kata Liliana tertahan. Ada air mata yang mulai menggenang. “Cukup sampai di sini Stev, gua ga mao denger terlalu jauh lagi. Jatuh terlalu dalam dan mungkin susah untuk keluar.”

“Makasi..Stev.. Selamat tinggal …” Lanjut Liliana sambil membelakangi Steven dan meninggalkannya.

Air matanya mulai mengalir. Setengah berlari ia menuju ke tempat check in. Masih terdengar suara Steven berteriak memanggil namanya, namun ia tidak menghiraukannya lagi lebih tepat dia tidak sanggup balik lagi takut hatinya tergoyahkan.

Steven mengejarnya tapi separuh jalan ia berhenti. Hatinya galau, pikirannya bimbang. Akhirnya ia hanya diam melihat punggung Liliana yang lambat laun menghilang.

Liliana pun masuk ke ruang tunggu,duduk dan memegang kalung pemberian Steven..airmatanya gak bisa terbendung lagi.. Kalung itu menjadi saksi bisu pernah ada cinta dalam persahabatan mereka.

Steven meninggalkan bandara menuju parkiran, duduk dalam mobilnya, diam dengan pikiran tak menentu. Sementara itu Liliana pun menuju ke pesawat. Dalam pesawat sebelum berangkat Liliana menuliskan pesan pendek buat ketiga sobatnya “Fren..gue berangkat..Slamat Tinggal. Gue akan merindukan kalian slalu dan slalu..Take care ”

Pesawat yang ditumpangi Liliana pun terbang meninggalkan landasan.Dari jendela pesawat, terlihat kota yang semakin mengecil dan jauh tertinggal di belakang.

Dari pintu mobil Steven melihat pesawat itu terbang meninggalkan dirinya..kemudian Steven pun memaju mobilnya untuk pulang.Kedua insan itu berangkat menuju arah yang berlawanan dan akan semakin jauh terpisah…

Steven membaca sms dari Liliana hati seolah teriris.. Kemudian dia menyalakan radio terdenger Rene berkumandang,

“…可是呀只有你曾陪我在最初的地方
“…But, if only you’re keeping me company at the place where it begins.

只有你才能了解我要的梦从来不大
If only you just understand that my dream is not big to begin with.

我们没有在一起至少还像情侣一样
We’re not together, at least we can be like lovers.
我痛的疯的伤的在你面前哭的最惨
I’m in pain, i’m going mad, i’m being hurt, in front of you is the most miserable.

我知道你也不能带我回到那个地方.
你说你现在很好而且喜欢回忆很长
I know you can’t bring me back to that place.You said that you’re very good now, and like reminiscing the memories.

我们没有在一起至少还像家人一样
We’re not together, at least we can still be like family.
总是远远关心 远远分享…”
Always concerned for each other, always sharing..”

“Ya, kita gak pernah bisa bersama sebagai kekasih. …” Gumam Steven sedih.

~end~

Pengarang : Imei Yang

Penulis : Admin

Cerpen antara Cinta dan Sahabat di kirim oleh Sri Indah Astuti

ANTARA CINTA DAN SAHABAT

Namaku  sri  indah  astuti ya  panggilannya  sri  ajah  yang  singkat,  umurku  16tahun,  sekarang  aku  sudah  sekolah  diSMK  tepatnya kelas  satu.  Aku  punya sahabat  dia  namanya  yanti.  Dy  shbt  yang  paling  baik  yang  pernah  aku  kenal,  aku  juga  punya  pacar  lho  dia  namanya  akhmad,  dy  sama  aku  gak  sesekolahan.
Pada  hari  ini  tepatnya  hari  sabtu  aku  ngajak  yanti  untk main  kerumahku,  ya  sekalian  aku  mau  ngenalin  akhmad  temanku,  setelah  akhmad  nyampe  dirumahku,  tapi  malah  aku  ngenalin  akhmad  ke  yanti  bukan  pacar  melainkan  teman  dekat,  dalam  batinku  “aku  salah  ke  sahbt ku  sendiri,  aku  udh  mbohongi  dy,  maafkan  aku  shbtku”.  Kita  ber3  berbincang-bincang  terus,  gak  kerasa  waktu  sudah  jam  16.30  ya  saatnya  mereka  pulang  karna  waktu  sudah  sore.
Beberapa  hari  kemudian  aku,yanti,  dan  akhmad  pun  kumpul  lagi  dirumahku.  Tpi  kali  ini  ada  yang  aneh  pada  diri  yanti,  yanti  slalu  memandang  akhmad,  tapi  aku  anggap  aja  ini  hal  biasa,  dan  tiba-tiba  yanti  bilang  sama  aku  “sri,  aku  minta  nomor  telefonnya  akhmad  donk…”
dengan  rasa  ragu-ragu,  akupun  ngasih no.nya  akhmad,  dan  aku  pun  tidak  mikir  yang  aneh-aneh.
Beberapa  hari  kemudian  setelah  mereka  ketemu,  yanti  curhat  sama  aku,  “sri,  aku  suka  sama  akhmad”  kata yanti
“kalau  kamu  suka  ya  bilang  aja  ke  dia,,”  jawabku
dalam  benaku  ada  rasa  kecewa, tapi  ini  semua  salahku,  kenapa  dulu  aku  tidak  jujur  ke  yanti  kalau  aku  pacaran  sama  akhmad
Setelah  aku  tahu  kalau  yanti  suka  sama  akhmad  akupun  jauhi  akhmad  karena  aku  tidak  mau  kalau  yanti  sakit  hati  gara-gara  aku.  Ada  rasa  salah di  hatiku  karena  aku jauhi  pacarku  sendiri.
Lama-lama  akupun  tidak  kuat  menahan  rasa  sedih ini,  “aku  harus  ngomong  sama  akhmad  dan  yanti!  Walau  nanti  menyakitkan”  kata-kata  yang  ada  di  benakku.
Aku  pun  memberanikan  diri  ngomong  sama  akhmad  “maafin  aku, aku  sudah  menjauhi  kamu,  aku  tahu  aku  salah  tapi  mungkin  ini  cara yang  terbaik  untuk  aku,kamu  dan  yanti” kataku  ke  akhmad
“memang  apa  hubunganya  dengan  yanti???”  tanya  akhmad
“yanti  suka  sama kamu!!!”  jawab ku dengan  nada  keras
“apa  gara-gara  itu  kamu  jauhin  aku?”  tanya  akhmad
“iya!!  Karna  aku  gak  mau  nyakitin  hatinya  yanti!!  Dan  sekarang  lebih  baik  kita  putus!!!  Aku  harap  kamu  bisa  ngertiin  aku,  aku  mohon  sama  kamu,  jagalah  yanti  dengan  baik”  jawabku
“jika  itu  yang  kamu  inginkan,  aku  akan  nglakuin,  semua  ini  demi  kamu” jawab  akhmad  dengan  rada  lemas
“maafin  aku  yah??  Cintailah  dia  seperti  kamu  mencintaiku,  aku  akan  slalu  mendoakanmu” kataku dengan  menangis
aku  juga  ngomong  sama  yanti  “yan,  sebelumnya  aku  minta  maaf.  yan,  sebenarnya  aku  pacarnya  akhmad,  aku  sama  akhmad  sudah  pacaran  sebelum  kamu  bertemu  dengan dia!  Tapi  aku  sekarang  sudah  putus  sama  dia, karena  aku  gak  mau  nyakitin  hati  kamu!  Aku  pun  sudah  merelakan  dia,  jaga  dia  dengan  baik  yah?  Moga  kamu  bisa  bahagia  dengan  dia”
“tapi. . . . .” jawab  yanti
“gak  usah  tapi-tapi!!” jawabku
“makasih  yah  sri”
“walau  hatiku  sedih  aku  harus  merelakan  akhmad  demi  sahabat  aku  akan  nglakuin  apa-apa” dalam  hatiku.

Setelah  beberapa  hari  kemudian,  akhmad  dan  yanti  pun  jadian,  “selamat  yah,  kamu  dah  jadian  sama  dia”  kataku  ke yanti
“makasih”.
Yanti  sekarang  berubah  setelah  mendapatkan  akhmad.  Setelah  beberapa  bulan  kemudian  yanti  bilang  sama  aku  “sri,  aku  putus  sama  akhmad!  Maafin  aku  dulu  aku  sudah  ngambil  dia  dari  kamu  dan  sekarang  dia  di  ambil  sama  orang,  yaitu  teman  ku  sendiri”
“ya  sudahlah,  lupakanlah  dia” jawabku
akupun  bilang  sama  yanti  “yan,  sahabat  adalah  segalanya!”
dan  kini  aku  sama  yanti  bersahabatan  lagi  setelah  persahabatan  kita  mau rusak.

Cerpen antara Cinta dan Sahabat di kirim oleh :

Nama : Sri  Puji  Astuti

Email  :

Jan.30,1911 to Feb.17,1912
Feb.16,1923 to Feb.04,1924
Feb.04,1935 to Jan.23,1936
Jan.22,1947 to Feb.09,1948
Feb.08,1959 to Jan.27,1960
Jan.27,1971 to Jan.15,1972
Feb.13,1983 to Feb.01,1984
Jan.31,1995 to Feb.18,1996

Shio Babi yang Terus Terang dan Terbuka

Mitra Yang Cocok : Kambing, Kelinci, Macan

Tips Cinta : Apakah antara suami/istri atau kekasih sikap toleran, sabar, memahami, percaya, peduli, dan kasih sayang
adalah factor-faktor yang mengikat dua orang untuk hidup bersama (membina hubungan) secara harmonis.

Profesi Yang Cocok : Ilmuwan, Penulis, Artis, Dokter.

Berbeda dengan reputasi buruk yang di kenal, Shio Babi dalam Shio Cina adalah yang paling murah hati dan di hormati dalam Zodiak Cina. Shio Babi sangat baik dan memiliki sikap dan cita rasa yang baik. Mereka memiliki banyak sekali sifat perfeksionis dalam diri mereka sehingga mereka dianggap sebagai pengganggu. Shio Babi sangat terobsesi dengan kemewahan, dan kekayaan (termasuk sekitarnya yaitu makanan, percintaan dan lain lain). Shio ini percaya kualitas terbaik dari kemanusiaan dan pastinya tidak menganggap diri mereka sebagai arogan. Babi juga sangat memperhatikan teman dan keluarga dan bekerja keras untuk menjaga semua orang di dalam hidupnya bahagia. Membantu orang lain adalah kesenangan utama dari Babi, yang merasa terbaik jika semua orang tersenyum.

Sifat alami Babi akan sangat sedih jika tidak ada orang sekitar yang menghargainya. Babi juga sangat murah hati mereka dapat muncul sebagai seorang yang memiliki sifat malaikat; ini dapat membawa mereka ke jiwa yang kurang baik, dan kabar buruknya adalah Babi akan mengambil resiko! Babi menjadi teman yang luar biasa karena mereka menolak untuk melihat keburukan dari suatu hubungan, tapi hal ini dapat membuat orang lain mengambil keuntungan dari si Babi. Berbeda dengan apa yang sudah dijelaskan, Babi juga dapat menjadi sangat kejam jika di kecewakan terutama dalam bidang cinta, persahabatan atau rekan bisnis.

Babi biasanya adalah individu yang sangat pandai, senang belajar, bermain dan terus mencari pengetahuan yang lebih jauh. Mereka dapat dianggap sebagai orang malas, karena kecintaan mereka terhadap hal hal yang baik; Shio ini juga sangat senang menghabiskan waktu bercinta, tidur, dan mandi dalam waktu yang lama. Babi cenderung menjadi rekan hidup yang baik karena hati emas mereka dan kecintaan mereka kepada keluarga. Meskipun begitu, mereka dapat menjadi sangat ekslusif, mencari waktu kosong kepada mereka yang sangat menghargai mereka dan tidak memperdulikan orang lain. Babi akan menyadari hidup mereka akan lebih di butuhkan jika mereka membuka diri ke berbagai tipe orang, mereka akan berkembang.

Pasangan yang paling cocok untuk Babi adalah Kelinci dan Kambing.

Feb.10,1910 to Jan.29,1911
Jan.28,1922 to Feb.13,1923
Feb.14,1934 to Feb.03,1935
Feb.02,1946 to Jan.21,1947
Feb.18,1958 to Feb.07,1959
Feb.06,1970 to Jan.26,1971
Jan.25,1982 to Feb.12,1983
Feb.10,1994 to Jan.30,1995

Shio Anjing yang Optimistik dan Indera Tajam

Mitra Yang Cocok : Macan, Kuda, Kelinci

Tips Cinta : Anda mungkin mempunyai banyak teman, tetapi pilih salah satu yang paling anda sukai. Sudah tiba saatnya
bagi sepasang kekasih untuk menempuh ikatan perkawinan.

Profesi Yang Cocok : Guru, Petugas Medis dan Pemilik Usaha

Di dunia barat, Anjing dikenal sebagai sahabat terbaik manusia, namun dalam astrologi Cina – shio ini sedikit tidak dapat diprediksi seperti pada umumnya. Mereka yang berada dalam shio ini biasanya setia, dapat dipercaya dan jujur dan selalu patuh terhadap aturan. Namun, shio Anjing agak sulit dalam mempercayai orang lain. Mereka biasanya lebih mempercayai diri sendiri kecuali berbohong untuk kebaikan, Shio Anjing ini biasanya mengatakan apa adanya agar menghindari masalah di kemudian hari. Shio Anjing dapat menjadi teman yang luar biasa, menjaga rahasia dan setia (terlepas dari white lies) dan pendengar yang baik. Shio ini cenderung menjadi sumber dari mereka yang tidak diperhitungkan. Prinsip hidup shio anjing biasanya adalah Hidup dengan Benar, cari orang kecil yang membutuhkan bantuan dan berjuang terhadap ketidakadilan kapan pun dimungkinkan.

Ship Anjing dapat menjadi sedikit dogmatis juga. Mereka jarang bergaul dalam kehidupan sosial, sebaliknya mereka langsung menjuju ke rumah, hanya bergaul terhadap topik yang dianggap penting untuk mereka. Kali ini Shio Anjing yang berpikiran sempit atau keras kepala dapat muncul; shio ini sulit untuk tetap tenang dan berpikir jernih jika ada suatu masalah yang datang. Shio ini juga dapat menjadi sangat temperamenl kehidupan emosionalnya sering berubah-ubah dan seringkali mereka menyendiri untuk menyelesaikan masalah. Sebagian dari masalah adalah hasil dari Shio ini terhadap ketakutan yang tidak masuk di akal yang menjadikan keingintahuan. Mereka yang ada dalam Shio yang sensitif ini perlu untuk menjaga relasi terhadap orang lain dan secara perlahan mempercayai mereka. Tanpa fondasi kepercayaan, Shio Anjing dapat menilai yang buruk terhadap orang lain.

Sifat alami shio anjing membuat mereka menjadi personal businessman yang luar biasa, seseorang yang dapat mengatur segala sesuatu, sifat alami untuk mengatur motivasi dari orang lain. Mengenai masalah cinta, Anjing biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mencari orang yang tepat. Mereka dapat menjadi sangat ingin tahu sehingga malah membuat pasangannya terganggu. Dalam segala forum, Shio ini paling senang jika dapat secara fisik aktif; baik itu di rumah atau di kantor, Anjing akan selalu membuat hal baru atau membersihkan segala sesuatu untuk membuat hal menjadi lebih baik. Shio anjing perlu bekerja untuk mengontrol kekhawatiran mereka, yang biasanya malah mempengaruhi orang yang mereka cintai.

// // Pasangan yang paling cocok untuk Anjing adalah Macan atau Kuda.

Jan.22,1909 to Feb.09,1910
Feb.08,1921 to Jan.27,1922
Jan.26,1933 to Feb.13,1934
Feb.13,1945 to Feb.01,1946
Jan.31,1957 to Feb.17,1958
Feb.17,1969 to Feb.05,1970
Feb.05,1981 to Jan.24,1982
Jan.23,1993 to Feb.09,1994

Shio Ayam yang Energik dan Penuh Gairah Hidup

Mitra Yang Cocok : Ular, Kerbau, Naga

Tips Cinta : Tingkatkan kemesraan anda terhadap pasangan. Jangan biarkan pihak ketiga berkesempatan mengganggu.

Profesi Yang Cocok : Wirausaha, dokter, petugas layanan umum.

Shio Ayam adalah pemikir yang cepat yang sangat praktikal dan sangat kaya akan pengetahuan, cenderung memilih focus terhadap apa yang sudah dicoba daripada mengambil resiko yang tidak diperlukan. Shio Ayam biasanya pemerhati yang baik. Sangat sulit untuk lari dari perhatian Ayam, karena mereka memiliki mata dibelakang kepalanya! Kualitas ini dapat menjadikan Ayam dianggap sebagai paranormal, tapi sebenarnya bukan seperti itu; sebaliknya, Shio ini senang memperhatikan hal-hal detail yang membuat dia mendapatkan analisa yang kuat. Ayam sangat cocok menjadi pengacara, pembedah otak (?) dan akuntan. Di luar semua itu, Ayam sangat terbuka dan menghargai kejujuran orang lain.

Ayam bukanlah pencuriga dan tidak memiliki kepentingan untuk menyembunyikan keburukan. Mereka buku yang terbuka, mengatakan kebeneran dan menjaga ucapannya. Jika kamu membantu mereka, mereka akan memberi hormat untuk itu. Sifat kepercayaan ini dapat membuat penipu memperdayakan si Ayam, tapi sebenarnya itu bukan ide yang baik. Ingat, Shio ini selalu membuka matanya di setiap waktu.

Ayam juga cenderung sangat perfeksionis dan mengharapkan memegang control, terutama terhadpa penampilan mereka. Berdebat dengan Ayam bisa menjadi sangat lama. Diperhatikan dan dikagumi menjadi impian bagi Ayam, dan mereka dapat menunggu dalam waktu yang lama untuk mendapatkan pengakuan ini. Ayam juga menyukai pergi keluar kota, terlebih jika mereka ada dalam kelompok yang menyukai dia. Ayam sangat memperhatikan penampilan berapapun biaya yang harus dikeluarkan.

Ayam juga mengharapkan control dari sekitarnya, termasuk siapapun itu. Ayam akan menjaga rumah agar tetap rapih dan mengharapkan kekasih, pasangan dan anggota keluarga untuk tetap menjaga kerapihan dan berperilaku baik. Hal ini dapat menjadi masalah bagi orang lain. Ayam perlu mendapatkan rekan yang tepat, orang yang mengerti sifat alami dari Shio ini. Dengan orang yang tepat, Ayam akan sangat setia, mempercayai dan mendukung kekasihnya.

Ayam perlu belajar untuk menghargai hati dan jiwa mereka termasuk penampilan mereka. Mereka sangat pandai dan memiliki pemikiran yang tajam membuat mereka dihargai. Shio ini juga akan berbuat terbaik untuk belajar mengadopsi filosofi “live and let live”; mungkin sama dengan logika yang dimiliki si Ayam adalah tidak efisien untuk menghabiskan waktu mengganggu orang lain akan membantu si Ayam belajar menjadi diri sendiri.

// // Pasangan yang paling cocok untuk si Ayam adalah Kerbau dan Ular.

Feb.02,1908 to Jan.21,1909
Feb.20,1920 to Feb.07,1921
Feb.06,1932 to Jan.25,1933
Jan.25,1944 to Feb.12,1945
Feb.12,1956 to Jan.30,1957
Jan.30,1968 to Feb.16,1969
Feb.16,1980 to Feb.04,1981
Feb.04,1992 to Jan.22,1993

Shio Monyet yang Cerdik, Cekatan dan Otak Cemerlang

Mitra Yang Cocok : Tikus, Naga, Ular

Tips Cinta : Dalam berhubungan dengan orang lain, cobalah bersikap lemah lembut dan berpembawaan luwes. Tunjukkan
cinta dan perhatian yang lebih besar kepada pasangan atau pacar anda.

Profesi Yang Cocok : Dunia Entertainment, Artis, Wiraswasta.

Shio Monyet terkenal binatang yang menyukai pesta! Menyenangkan dan energik, Shio Monyet dapat menciptakan kesenangan, aktivitas dan menggoda. Mereka benar-benar tahu bagaimana mendapatkan waktu senang dan dapat terlihat berpindah dari satu group teman ke group yang lain, menarik perhatian banyak orang. Selalu semangat, mereka di anggap sebagai selebritis dalam lingkungannya karena selera humor yang tinggi dan pemikiran yang tajam. Bahkan secara mengejutkan, Shio Monyet juga pendengar yang baik dan dapat mengatasi situasi yang menyulitkan. Sifat alami Shio ini adalah keingin tahuan yang menyebabkan mereka menjadi sangat tahu banyak hal diberbagai topic. Monyet memiliki sisi membanggakan diri sendiri dengan cara menarik perhatian rekannya melalui apa yang mereka ketahui.

Monyet cenderung rentan terhadap kecelakaan karena kurangnya pertimbangan dalam berbagai hal. Kepentingan utama dari Shio ini adalah mengejar kesenangannya sendiri; ini bukan hal yang buruk hanya saja inilah sifat alami dari Monyet. Namun, sikap yang kurang berhati-hati dari Monyet dapat membawa mereka ke berbagai masalah. Dalam percintaan, Monyet menciptakan kesenangan, pecinta yang menarik ? namun itu malah dapat menghilangkan suasana romantis. Berita baiknya adalah, sikap lembut dan selera humor si Monyet dapat menjauhkan Monyet dari masalah. Mungkin tidak semua orang akan selalu menang dengan Monyet ? tapi apakah Monyet benar-benar peduli ? Dunia si Monyet, penuh dengan energi dan itu bukan untuk semua orang. Ingat, Shio ini bukan berarti kejam; namun mereka hanya sedikit ingin tahu untuk kebaikan mereka sendiri. Monyet selalu merasa butuh untuk mencoba segala sesuatu setidaknya satu kali.

Monyet juga mencintai diri sendiri yang dapat membawa mereka ke berbagai masalah. Shio ini mungkin memiliki keterbatasan untuk mengontrol diri terhadap makanan, alkhol dan aktivitas menyenangkan lainnya. Adalah waktu berpesta di setiap saat bagi si Monyet, namun meskipun disaat yang menyusahkan si Monyet tahu bagaimana menyentuh hati orang tersebut. Mereka juga tidak takut mengakui kesalahan mereka, tapi setidaknya mereka coba mundur dan menyembunyikan segala sesuatu ? untuk sementara.

Monyet harus belajar untuk memikirkan orang lain selain dirinya sendiri, setidaknya untuk beberapa kali. Dunia sio ini akan semakin lengkap jika mereka menyadari bahwa dunia tidak mengitari diri mereka.

Pasangan yang paling cocok untuk Monyet adalah Tikus dan Naga.